Loading...

Mentan Dukung Pembangunan Museum Pertanian

16:08 WIB | Wednesday, 02-May-2018 | Nasional | Penulis : Gesha

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman mendukung langkah sejumlah tokoh pertanian untuk dapat merealisasikan pembangunan museum pertanian di tanah air. Keberadaan museum ini diharapkan bisa sebagai sarana pembelajaran sekaligus memberikan gambaran kepada masyarakat pencapaian kemajuan di bidang pertanian dari waktu ke waktu.

 

Menyusul pertemuan di kantor Riset Perkebunan Nusantara, Bogor beberapa waktu lalu sejumlah tokoh Pertanian yang terdiri dari Mantan Menteri Pertanian dan Wakil Menteri penggagas pembangunan museum pertanian berkesempatan bertatap muka langsung dengan Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, di Kantor Pusat Kementan pada 30 April lalu.

 

Tokoh tersebut adalah Prof. Sjarifuddin Baharsjah (Mantan Menteri Pertanian tahun 1993-1998), Prof. Justika Baharsjah (Mantan Menteri Pertanian tahun 1998-1999), Suswono (Mantan Menteri Pertanian tahun 2009-2014), Rusman Heriawan (Wakil Menteri Pertanian tahun 2011-2014) dan Soedjai Kartasasmita (Tokoh Perkebunan Indonesia) dengan didampingi Memed Gunawan (Mantan Sekretaris Jenderal Kementan) dan Achmad Saubari Prasodjo (Mantan Sekretaris Menteri Pertanian).

 

Sebelumnya, para tokoh pertanian Indonesia tersebut telah mendeklarasikan pentingnya membuat museum pertanian untuk menghubungkan kejayaan pertanian masa lalu dan optimisme pertanian di masa depan.

 

Sjarifuddin Baharsjah menuturkan, Museum Pertanian merupakan impian lama yang terpendam dan patut disyukuri Menteri Pertanian, Amran Sulaiman menyambut baik gagasan besar ini.

 

Sesuai arahan Mentan Andi Amran Sulaiman, pembangunan museum pertanian bisa dilakukan di Museum Tanah Bogor.

 

Direncanakan akan dibentuk satu yayasan dan para Mantan Menteri Pertanian bersama Menteri Pertanian sekarang akan menjadi pendirinya.

 

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman menyambut baik akan hadirnya Museum Pertanian di Indonesia. "Kita sudah ada Museum Tanah, mungkin ini bisa ditingkatkan atau seperti apa, kita lihat dahulu bagaimana konsepnya yang terbaik," tuturnya.

 

Amran sempat berucap ada beberapa tempat lain yang bisa menjadi alternatif lokasi Museum Pertanian, namun calon kuat lokasi adalah Museum Tanah di Bogor.

 

"Museum Pertanian sangat penting karena selama ini kita belum memiliki," tukasnya. Menurut Amran Museum Pertanian proses pembangunannya direncanakan akan dimulai tahun ini, paling lambat di tahun 2019 mendatang. Gesh/Tia/Ira

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162