Loading...

Hari Raya yang Penuh Harapan

13:09 WIB | Monday, 11-August-2014 | Editorial, Editorial | Penulis : Ahmad Soim

 

Hari raya Idul Fitri tahun 2014 penuh dengan harapan. Salah satunya harapan dari Presiden baru yang telah diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjelang lebaran. Masyarakat pertanian tentu sangat berharap Presiden baru memenuhi janji-janjinya untuk membangkitkan pertanian Indonesia. Pertanian akan menjadi soko guru perekonomian nasional serta mensejahterakan petani dan rakyat Indonesia.

 

 

Perhatian, keseriusan dan pemihakan Presiden terpilih untuk membangun pertanian akan menjadi kata kunci keberhasilannya. Presiden terpilih tentu akan membangun infrastruktur dan industri, namun jangan melupakan memprioritaskan sektor pertanian, termasuk dalam membangun infrastruktur dan industri pertanian. Apalagi wilayah Indonesia hampir semuanya merupakan wilayah pertanian.

 

Tidak lagi patut, pemerintah baru hanya memberikan perhatian lebih pada pertanian pada saat-saat dan kondisi tertentu. Misalnya saat terjadi serangan hama, kekeringan dan kebanjiran, bencana atau lebaran.

 

Pada saat lebaran misalnya, pemerintah sibuk menjamin ketersediaan pasokan pangan menjelang Lebaran 2014, terutama produk daging sapi dan hortikultura.  Setelah itu, pemerintah seakan lupa dengan pertanian kecuali Kementerian Pertanian.

 

Begitupun, tidak banyak kisah sukses pemerintah mengatasi persoalan harga dan distribusi pangan di hari lebaran. Harga pangan umumnya ditolerir naik, namun yang untung adalah pedagang. Petani tetap saja menerima harga jual produknya rendah. Apalagi kalau harga pasaran produknya jatuh, petani lebih menderita lagi.

 

Karena itu, cara pemerintah menangani persoalan pertanian hanya pada situasi dan saat-saat tertentu sudah semestinya ditinggalkan. Pemerintah sudah seharusnya membangun pertanian secara mendasar dan terintegrasi antar kementerian. Dengan begitu, maka persoalan produksi dan pemasaran pertanian  bisa secara otomatis teratasi. Semua ini mudah-mudahan bisa dilaksanakan oleh pemerintahan baru. Selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

Editor : Julianto

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162