Loading...

Cut Back, Cara Hemat Bercocok Tanam Cabai

10:06 WIB | Tuesday, 13-June-2017 | Komoditi, Hortikultura | Penulis : Kontributor

Salah satu persoalan petani dalam budidaya cabai adalah umur tanaman yang relatif sebentar hanya bertahan 8-12 bulan.Setelah itu tanaman mulai mengering dan mati.

 

Jika kondisinya sudah demikian, biasanya petani mencabut batang cabai yang sudah tidak produktif tersebut. Lalu menggantinya dengan tanaman baru. Akibatnya biaya usaha tani cabai menjadi mahal.

 

Tapi jangan terburu-buru memusnahkan batang cabai yang sudah tidak produktif itu. Pasalnya, batang cabai yang sudah tua itu masih bisa diberdayakan kembali tanpa harus menanam bibit baru.

 

Sebuah inovasi telah berhasil dicoba penyuluh pertanian di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Linge. Di lahan percontohan BPP seluas hampir 2 ha ini memang sudah lama dikelola dan dimanfaatkan untuk lahan budidaya cabai.

 

Kepala BPP Linge, Safrin Zailani mengatakan, sejak awal tahun 2016 lahan tersebut dimanfaatkan untuk budidaya cabai. Hasilnya ternyata cukup memuaskan. Namun menjelang akhir tahun 2016, produktivitas tanaman mulai menurun setelah lebih 15 kali panen.

 

“Kami sudah berencana mengganti tanaman tua itu dengan tanaman baru. Tapi kemudian saya punya ide mencoba sistem baru berbudidaya cabai tanpa harus menanam kembali,” katanya seraya menambahkan, ide itu muncul saat mengamati tanaman cabai. “Jadi meski daun dan rantingnya sudah mengering, ternyata batangnya masih terlihat hijau dan perakarannya masih kuat. Saya lalu menerapkan sistim cut back,” lanjutnya.

 

Paket Hemat

 

Apa itu sistem cut back? Safrin menjelaskan, yaitu memotong sebagian besar tanaman dan hanya menyisakan batang setinggi 10-15 cm dari permukaan tanah. Bekas potongan batang yang tersisa itu kemudian ditutup dengan plastik. Lalu tanaman kembali diberikan pupuk dasar, berupa pupuk organik cair.

 

Dengan rangsangan pupuk dasar pada lahan tanaman, batang-batang cabai yang bekas dipotong itu mulai mengeluarkan tunas-tunas baru. Bahkan bertumbuhannya sangat cepat.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162